POLITIK HUKUM$type=carousel

Pemasaran 5.0 Sudah Datang, Indonesia Apa Kabar?

kompasindonesianews.com Jakarta - Peningkatan penggunaan internet di Indonesia telah mendorong munculnya ekonomi digital, hal ini dikarenak...

kompasindonesianews.com Jakarta - Peningkatan penggunaan internet di Indonesia telah mendorong munculnya ekonomi digital, hal ini dikarenakan setiap orang berevolusi dan evolusi tersebut mengubah cara masyarakat untuk berpikir, beraktivitas dan bekerja. 

Bisnis harus dapat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat agar tetap dapat bertahan di pasar, oleh karena itu teknik pemasaran yang lama menjadi tidak kompetitif lagi jika tidak diperbarui. 

Baru kita mengenal mengenai pemasaran 4.0 yang berfokus pada pemasaran digital, kini sudah datang era baru pemasaran 5.0 yang lebih menuntut advancement dalam penggunaan teknologi untuk menciptakan pengalaman konsumen yang berbeda tanpa meninggalkan traditional marketing.

Peluang pasar digital sangat besar, karena jumlah pengguna internet di Indonesia berkembang pesat, terutama di saat pandemi seperti sekarang ini.

Sudah ada sekitar 200 juta pengguna internet di Indonesia, dari total 270 juta penduduk di Indonesia, kata Donny Susilo MBA, pendiri Donny and Partners Research and Consulting Indonesia.

Pemasaran 5.0 menuntut adopsi teknologi tingkat tinggi seperti artificial intelligence dan machine learning sebagai basis dalam melakukan usaha pemasaran secara otomatis, dan oleh karena itu, kebutuhan internet di masa depan akan sangat tinggi. 

Akan tetapi kecepatan internet di Indonesia masih menjadi sebuah permasalahan klasik yang masih harus diperhatikan oleh pemangku kepentingan. 

Kecepatan internet di Indonesia masih sangat lamban dibandingkan negara-negara lain di Indonesia, bahkan negara tetangga di Asia Tenggara, hal itu dikarenakan beberapa faktor, seperti jumlah populasi pengguna internet yang besar, jangkauan wilayah yang luas dan daya beli yang masih rendah. 

Padahal pemasaran berbasis digital kelak akan menjadi keharusan dan sumber daya vital untuk pengembanganan UMKM di Indonesia.

Donny menuturkan bahwa UMKM di Indonesia harus belajar berdaptasi agar dapat bertahan di tengah pandemic seperti sekarang ini, agar dapat meningkatkan digital literacy mereka dalam menggunakan platform digital dan media sosial.

Pemasaran media sosial UMKM harus memperhatikan aspek trendiness dan eWOM, para pelaku UMKM harus aktif mengupdate informasi dan memberikan informasi trending yang dapat mendukung produk mereka di pasaran.

Selain itu mereka juga harus belajar membuat konten yang menarik agar dapat memancing konsumen untuk membicarakan mengenai produk mereka, menyukai konten mereka, dan membagikannya kepada publik, sehingga mendorong electronic word of mouth (eWOM).

Donny menambahkan bahwa pemerintah dalam hal ini, dapat membantu pemasaran digital UMKM di Indonesia dengan menyediakan platform yang menghubungkan antara penyedia barang dan konsumennya dari seluruh dunia.

Pemerintah memiliki sumber daya keuangan yang cukup untuk melakukan sosialisasi dan menarik pelanggan dari seluruh dunia agar dapat bergabung di platformnya, sehingga penyedia barang dan jasa dapat menerima order yang tinggi dan berkelanjutan demi menjaga keberlansungan bisnisnya. 

Tugas ini yang sekarang diemban oleh perusahaan-perusahan start-up di Indonesia, kendati demikian mereka butuh waktu, investasi dan koneksi agar dapat melakukan hal tersebut.

Pemerintah kita yang sudah mempunyai sumber daya tersebut, seharusnya ikut andil dalam garda ke depan dalam memajukan ekonomi UMKM secara digital, hal ini dapat mendorong konsumsi, pengeluaran pemerintah dan ekspor yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan ekonomi tanah air.

Digitalisasi UMKM sangat penting, tidak hanya untuk memulihkan ekonomi di tengah pandemi, namun juga memberikan multiplier effect terhadap peningkatan permintaan untuk jasa pengiriman, jasa pemasaran digital, penyedia alat-alat komputer dan internet dan penyedia platform e-commerce, hal ini sangat bagus karena dapat memberikan efek positif untuk pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan," tutup Donny Susilo.

Untuk pertanyaan, Donny Susilo dapat dihubungi lewat Instagram: donny777_linshuilong

COMMENTS

BY READERS$type=blogging$cate=2$count=4

POLITIK HUKUM$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide

INTERNATIONAL$type=one$count=2

Nama

AGAMA,3,ARTIKEL,5,BERITA ARTIS,6,BERITA DAERAH,154,Berita Duka,3,Berita Media Sosial,5,BISNIS,1,EKONOMI,4,FASHION,1,GAYA HIDUP,2,Giat Vaksin,2,HEALTH,1,HIBURAN,1,Informasi Covid,4,INFORMASI CUACA,1,INTERNATIONAL,7,KESEHATAN,2,KESEHATAN GIZI,1,KESEHATAN TUBUH,4,KESEHATAN WAJAH,3,KRIMINAL,6,Laporan Anggaran,1,MEDIA SOSIAL,1,Olahraga,8,PENDIDIKAN,1,PERAWATAN TUBUH,1,POLITIK HUKUM,32,Sosial,7,TEHNOLOGI,3,VIRAL,4,
ltr
item
KOMPAS INDONESIA NEWS: Pemasaran 5.0 Sudah Datang, Indonesia Apa Kabar?
Pemasaran 5.0 Sudah Datang, Indonesia Apa Kabar?
https://1.bp.blogspot.com/-IkKQexVwXsE/YFDnqRXa-FI/AAAAAAAAEug/B6NtJ6BBuuMuCyZaGZrdIgnBNKja-V87gCLcBGAsYHQ/s320/DONNY.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-IkKQexVwXsE/YFDnqRXa-FI/AAAAAAAAEug/B6NtJ6BBuuMuCyZaGZrdIgnBNKja-V87gCLcBGAsYHQ/s72-c/DONNY.jpeg
KOMPAS INDONESIA NEWS
https://www.kompasindonesianews.com/2021/03/pemasaran-50-sudah-datang-indonesia-apa.html
https://www.kompasindonesianews.com/
https://www.kompasindonesianews.com/
https://www.kompasindonesianews.com/2021/03/pemasaran-50-sudah-datang-indonesia-apa.html
true
7722724876337709072
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy