POLITIK HUKUM$type=carousel

Polres Aceh Timur Ungkap Pelaku Pembunuhan Terhadap Satwa Yang Dilindungi

kompasindonesianews.com Aceh Timur - Polres Aceh Timur berhasil mengungkap pelaku perburuan hewan yang dilindungi, dan mengamankan JN,  yan...

kompasindonesianews.com Aceh Timur - Polres Aceh Timur berhasil mengungkap pelaku perburuan hewan yang dilindungi, dan mengamankan JN, yang bersembunyi di kediaman sahabatnya, di Desa Beururu, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen.

Hal itu dibenarkan Kapolres Aceh Timur, AKBP Eko Widiantoro, S.I.K.,M.H, saat menggelar konferensi pers, yang berlangsung dihalaman Polres Aceh Timur, pada Kamis (19/8/2021).

"Pada hari Selasa, 10 Agustus 2021 Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Aceh Timur berhasil mengamankan JN yang bersembunyi di rumah kawannya di Desa Beururu, Kecamatan Peudada, Kabupaten Bireuen, " jelas Kapolres.

Mengawali penyampaianya, AKBP Eko mengatakan, pada hari Minggu, 11 Juli 2021 pihaknya mendapatkan informasi adanya seekor gajah mati dengan kondisi tanpa kepala di Afdeling V PT. Bumi Flora, Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Polres Aceh Timur.

"Langkah pertama yang kami lakukan adalah melakukan nekropsi (pemeriksaan kematian) bersama  Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh," ujarnya.

Selanjutnya melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi untuk diambil keterangan, serta membentuk Tim Khusus yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Aceh Timur, guna mengungkap pelaku pembunuhan terhadap satwa yang dilindungi tersebut.

Polres Aceh Timur bersama BKSDA bersama Tim Puslabfor Mabes Polri kemudian melakukan pengambilan sampel bagian organ tubuh hewan yang dilindungi (gajah) untuk dilakukan pemeriksaaan DNA untuk kepentingan penyelidikan. 

Tim Opsnal Satreskrim Polres Aceh Timur mengawali penyelidikan terhadap JN. Dan JN pun mengakui pebuatannya. Ia telah melakukan perburuan satwa yang dilindungi dengan cara meracuni di seputar areal perkebunan PT. Bumi Flora.

Dalam menjalankan aksinya, JN bersama IS melemparkan dua buah kwini yang telah diberi racun dengan sasaran kawanan gajah liar. Usai memasang umpan JN dan IS kembali ke rumahnya masing masing. Selang dua jam berikutnya, JN dan IS kembali ke lokasi, tempat mereka meletakan umpan, dan seekor gajah yang sudah tergeletak terkena umpan racun. 

Kemudian JN dan IS mengeksekusinya dengan cara terlebih dahulu memotong kepala gajah dengan menggunakan parang yang sudah disiapkan, kemudian memenggal leher dan belalai dengan menggunakan kapak. Terang Kapolres.

Kemudian JN bersama IS membawa potongan kepala gajah tadi dengan menggunankan sepeda motor ke tempat yang lebih aman, dan memisahkan antara kepala dan gading.  Setelah berhasil dipisahkan, kepala gajah tadi dibuang ke sungai di bawah jembatan CPM yang jaraknya 300 meter dari lokasi gajah mati.

"Pada hari Senin tanggal 12 Juli 2021 IS menghubungi JN bahwa sudah ada pembeli gading tersebut, yaitu EM sebesar Rp. 10 juta," lanjut AKBP Eko.

Dari keterangan JN, Tim Opsnal Sat Reskrim Polres Aceh Timur melakukan pengejaran terhadap IS. Saat dilakukan penggerebekan pada hari Jumat, 13 Agustus 2021, IS tidak berada dirumahnya, di Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur yang selanjutnya ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) Satreskrim Polres Aceh Timur dan melakukan pengembangan serta penangkapan terhadap pelaku lainnya. *Meurah Mico/Mila


COMMENTS

BY READERS$type=blogging$cate=2$count=4

POLITIK HUKUM$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide

INTERNATIONAL$type=one$count=2

Nama

AGAMA,3,ARTIKEL,5,BERITA ARTIS,6,BERITA DAERAH,154,Berita Duka,3,Berita Media Sosial,5,BISNIS,1,EKONOMI,4,FASHION,1,GAYA HIDUP,2,Giat Vaksin,2,HEALTH,1,HIBURAN,1,Informasi Covid,4,INFORMASI CUACA,1,INTERNATIONAL,7,KESEHATAN,2,KESEHATAN GIZI,1,KESEHATAN TUBUH,4,KESEHATAN WAJAH,3,KRIMINAL,6,Laporan Anggaran,1,MEDIA SOSIAL,1,Olahraga,8,PENDIDIKAN,1,PERAWATAN TUBUH,1,POLITIK HUKUM,32,Sosial,7,TEHNOLOGI,3,VIRAL,4,
ltr
item
KOMPAS INDONESIA NEWS: Polres Aceh Timur Ungkap Pelaku Pembunuhan Terhadap Satwa Yang Dilindungi
Polres Aceh Timur Ungkap Pelaku Pembunuhan Terhadap Satwa Yang Dilindungi
https://1.bp.blogspot.com/-hT5S18sicIk/YR5fMiTaY5I/AAAAAAAAHaA/2FqM7Fut9ZMkcfRFeM-nmQKtnbs1ruSPgCLcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2021-08-19%2Bat%2B19.17.59%2B%25281%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-hT5S18sicIk/YR5fMiTaY5I/AAAAAAAAHaA/2FqM7Fut9ZMkcfRFeM-nmQKtnbs1ruSPgCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2021-08-19%2Bat%2B19.17.59%2B%25281%2529.jpeg
KOMPAS INDONESIA NEWS
https://www.kompasindonesianews.com/2021/08/polres-aceh-timur-ungkap-pelaku.html
https://www.kompasindonesianews.com/
https://www.kompasindonesianews.com/
https://www.kompasindonesianews.com/2021/08/polres-aceh-timur-ungkap-pelaku.html
true
7722724876337709072
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy