POLITIK HUKUM$type=carousel

Aceh Timur Akan Dijadikan Kawasan Budidaya Udang Terintegrasi, Dirjen KKP RI Temui Pemilik Lahan

By : Mico kompasindonesianews.com Aceh Timur -  Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr. TB. Haeru Raha...

By : Mico

kompasindonesianews.com Aceh Timur -  Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Kementerian Kelautan dan Perikanan Dr. TB. Haeru Rahayu, A.Pi., M.Sc mengunjungi lokasi sekaligus menggelar pertemuan dengan pemilik lahan yang akan dijadikan kawasan budidaya udang terintegrasi di Aceh Timur, Jumat (1/10/2021).

Sebelumnya, rombongan Dirjen Perikanan Budidaya yang turut didampingi Staf Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Irjen.Pol. Drs. Victor Gustaf Manoppo M.H yang langsung disambut oleh Bupati Aceh Timur H Hasballah Bin HM Thaib SH beserta sejumlah unsur Forkopimda dan para Asisten, Staf Ahli Bupati serta sejumlah kepala OPD terkait lainnya di Pendopo Bupati Aceh Timur.

Usai dijamu makan siang oleh Bupati yang akrab disapa Rocky ini, rombongan Dirjen Perikanan Budidaya KKP RI ini langsung menuju lokasi yang rencananya akan dijadikan kawasan tambak udang moderen di Desa Paya Dua, Kecamatan Peudawa, Aceh Timur.

Saat melakukan sosialisasi dan berdiskusi dengan puluhan pemilik lahan, Dr TB Haeru Rahayu mengatakan, Aceh Timur adalah salah satu lokasi yang akan dijadikan kawasan budidaya udang terintegrasi, dengan luas area lahan 1000 hektare, jika jadi kawasan ini akan dikembangkan sebagai kawasan industri tambak udang yang moderen dan ketiga di Indonesia, serta akan dilengkapi dengan segala prasarana penunjang lainnya.

Untuk itu, Dr TB Haeru membuka ruang untuk diskusi dan tanya jawab dengan masyarakat pemilik lahan agar lebih jelas dan terbuka terkait dengan peruntukan lahan dan sistem bagi hasil, serta keterbukaan lapangan kerja yang turut dipaparkan dihadapan para pemilik lahan dari 8 Desa dalam Kecamatan Peudawa dan Peureulak Barat yang hadir di lokasi itu.

"Kami hadir di Aceh Timur tujuannya adalah mensosialisasikan program yang ada di Kementerian Kelautan dan Perikanan, kita punya program terobosan salah satunya adalah budidaya udang terintegrasi kawasan. Karena kawasan, jumlahnya pasti luas, 1000 hektar, dan didalamnya ada masyarakat, makanya kami butuh sosialisasi supaya program ini bisa dipahami, bisa dimengerti oleh semua jajaran masyarakat," kata Dr TB Haeru, saat diwawancarai oleh wartawan di kawasan pantai Paya Dua.

Dirjen menambahkan, berdasarkan informasi yang telah dia dapatkan, ada empat ratusan Kepala Keluarga yang lahannya masuk dalam kawasan yang akan dikembangkan itu, maka jika satu saja ada yang tidak sepaham maka, program itu tidak dapat dijalankan dengan baik. 

"Program ini bersama-sama kita miliki, baik kami di Pemerintah Pusat, Pemdanya maupun masyarakatnya sebagai pelaku langsung," ujarnya.

Jika masyarakat di Aceh Timur telah siap, tambah DR TB Haeru, maka program budidaya udang terintegrasi ini akan secepatnya dilakukan pembangunan dalam kawasan lahan yang luasnya mencapai seribu hektar ini. 

Menurutnya, dalam 1000 hektar lahan itu selain dijadikan tambak, juga akan dibangunnya tempat produksi pakan, jalan, kawasan perumahan, tempat landasan helikopter (helipad), IPAL serta berbagai sarana penunjang lainnya sebagai kawasan industri udang modern di Indonesia.

"Kita sudah dua tahun pandemi Covid, ekonomi kita terpuruk terus, dan salah satunya Kelautan Perikanan, dan di dalamnya ini menjadi salah satu harapan terbesar untuk mengembalikan geliat perekonomian, jadi lebih cepat lebih baik, semuanya berpulang kepada proses," tambah Dr TB Haeru Rahayu.

Dirjen juga turut menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh para pemilik lahan dalam sosialisasi itu, diantaranya terkait dengan kepemilikan lahan, apakah akan dikembalikan setelah 15 tahun atau akan beralih hak milik, serta sejumlah pertanyaan lainnya, seperti sistem bagi hasil. 

Tak hanya itu, warga juga berharap agar anak-anak dikawasan itu nantinya dapat disekolahkan, sehingga dapat menjadi SDM yang handal dibidang pengelolaan tambak yang modern.

"BPN juga harus memastikan supaya hak dan kaplingnya itu jelas," sebutnya. Ia juga menyebutkan kalau hak milik tanah tetap menjadi pemilik lahan.

COMMENTS

BY READERS$type=blogging$cate=2$count=4

POLITIK HUKUM$type=three$author=hide$comment=hide$rm=hide

INTERNATIONAL$type=one$count=2

Nama

AGAMA,3,ARTIKEL,5,BERITA ARTIS,6,BERITA DAERAH,154,Berita Duka,3,Berita Media Sosial,5,BISNIS,1,EKONOMI,4,FASHION,1,GAYA HIDUP,1,Giat Vaksin,2,HEALTH,1,Informasi Covid,4,INFORMASI CUACA,1,INTERNATIONAL,7,KESEHATAN,2,KESEHATAN GIZI,1,KESEHATAN TUBUH,4,KESEHATAN WAJAH,3,KRIMINAL,6,Laporan Anggaran,1,MEDIA SOSIAL,1,Olahraga,8,PENDIDIKAN,1,PERAWATAN TUBUH,1,POLITIK HUKUM,32,Sosial,7,TEHNOLOGI,3,VIRAL,4,
ltr
item
KOMPAS INDONESIA NEWS: Aceh Timur Akan Dijadikan Kawasan Budidaya Udang Terintegrasi, Dirjen KKP RI Temui Pemilik Lahan
Aceh Timur Akan Dijadikan Kawasan Budidaya Udang Terintegrasi, Dirjen KKP RI Temui Pemilik Lahan
https://1.bp.blogspot.com/-R5LmIz9ZgPk/YVnwN3uv2LI/AAAAAAAAIdY/TF0le9wJAhYa5Z6byzkibZAIrUJYAOEWwCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20211004-WA0002.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-R5LmIz9ZgPk/YVnwN3uv2LI/AAAAAAAAIdY/TF0le9wJAhYa5Z6byzkibZAIrUJYAOEWwCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20211004-WA0002.jpg
KOMPAS INDONESIA NEWS
https://www.kompasindonesianews.com/2021/10/aceh-timur-akan-dijadikan-kawasan.html
https://www.kompasindonesianews.com/
https://www.kompasindonesianews.com/
https://www.kompasindonesianews.com/2021/10/aceh-timur-akan-dijadikan-kawasan.html
true
7722724876337709072
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy